Kereta Api Wisata Danau Singkarak

Kereta Api Wisata Singkarak merupakan Kereta Api wisata yang mengangkut penumpang atau wisatawan dari Stasiun Kereta Api Solok dengan tujuan akhir Stasiun Kereta Api Solok kembali. 



saat menuju ke Sawahlunto

Naik Kereta Api Wisata yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, Dimulai ketika Kereta Api ini berangkat pagi hari sekitar jam 08.00 Wib. Kereta Api Singkarak ini akan menuju ke Sawahlunto terlebih dahulu. Menjelang memasuki Kota Sawahlunto wisatawan akan dibawa oleh sepur ini melewati terowongan yang biasa disebut "Lubang Kalam", panjang terowongan ini kurang lebih hampir 1 Kilometer.



Dari kota Sawahlunto setelah menaikkan penumpang Kereta Api akan berangkat kembali ke kota Solok sekitar pukul 10.00 Wib untuk menaikkan penumpang kembali menuju Stasiun Batutaba di Kabupaten Tanah datar.

Keunikan selanjutnya adalah saat Kereta Api Wisata Singkarak ini (KAWIS Singkarak) akan menyisiri tepi danau Singkarak sepanjang 19 Km menuju Batutaba.







Setelah 1 Jam perjalanan dari kota Solok kita akan tiba di Stasiun Batutaba. Disini para penumpang akan turun dan biasanya pergi ke arah Danau Singkarak atau nama kecilnya Tanjung Mutiara, bisa berenang atau naik banana boat serta perahu kayuh. Sangat tepat untuk liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Stasiun Batutaba

Selanjutnya ketika kita menghabiskan waktu untuk rekreasi di sekitar danau, sekali sebulan BB 204 akan mengisi bahan bakar di Padang Panjang dan satu lagi keunikan akan ditemui disini. Rel Kereta Api yang dilalui yakni Rel Gigi, yang mana ukuran yang sama hanya ada di Swiss dan India.


saat pulang mengisi bahan bakar di Padangpanjang

Sekitar pukul 14.00 Wib Kereta kembali berangkat untuk mengantarkan penumpang atau wisatawan. 


sumber foto:
Maulana New Parlente
Perdy Gonok RailFans
Rank City Young
Zul Fadly

0 Response to " Kereta Api Wisata Danau Singkarak "