"Terowongan Kupitan"Jalur Mati Muaro Kalaban - Padang Sibusuk

Berbicara tentang rel kereta api non aktif atau jalur yang sudah tidak dipakai lagi edisi kali ini saya akan membahas sebuah jalur di Divisi Regional II (Divre II) Sumatera Barat. Penjelajahan kali ini saya lakukan bersama teman-teman anggota Rail Fans (RF) Divre II Sumbar. Terletak di dekat jalan lintas Sumatera lokasi ini sangat mudah untuk ditempuh dan lokasi terowongan berada di dekat Balai Benih Ikan Pemkot Sawahlunto (BBI).

Menjelang kami masuk ke lokasi terowongan kami sudah menjumpai rel yang sudah tertutup tanah dan dipenuhi oleh rumput serta semak belukar. Sesampai dilokasi kami masuk ke dalam terowongan sekitar 10 meter. Keadaan rel di dalam terowongan masih utuh namun bantalan masih terbuat dari kayu. Terowongan yang dibuat sekitar tahun 1921 ini sesuai dengan angka yang terlihat di pintu terowongan sangat gelap, sehingga ujung terowongan satu laginya tidak tampak oleh kami. Panjang terowongan Kupitan ini sekitar 600 meter (kalau salah mohon dikoreksi). Berikut sedikit foto dari Terowongan Kereta Api Kupitan;

"Terowongan Kupitan"Jalur Mati Muaro Kalaban - Padang Sibusuk

"Terowongan Kupitan"Jalur Mati Muaro Kalaban - Padang Sibusuk

"Terowongan Kupitan"Jalur Mati Muaro Kalaban - Padang Sibusuk

"Terowongan Kupitan"Jalur Mati Muaro Kalaban - Padang Sibusuk

Demikian perjalanan melihat Rel kereta api non aktif di terowongan kupitan bersama teman-teman RF Sumbar Divre II. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang sedikit dunia perkereta apian di tanah andalas ini.

0 Response to " "Terowongan Kupitan"Jalur Mati Muaro Kalaban - Padang Sibusuk "